PENJELASAN PEMASARAN GULA MERAH DAN PERBEDAANYA




Pemasaran gula merah merupakan kegiatan yang banyak dinantikan bagi kalangan pengerajin gula merah tersebut. Hal ini dikarenakan mata pencarian kebanyakan dari beberapa penduduk khususnya di Indonesia. Bagi para pengerajin dan penghasil gula merah sebelum melakukan pemasaran atau menjual hasil dari kerja mereka, maka mereka harus melakukan beberapa tindakan terlebih dahulu, dimana tindakan ini sangat baik untuk menentukan kualitas dari gula merah yang akan di pasarkan nantinya.

Gula merah tidak hanya didapat disatu tempat saja, melainkan bisa didapatkan hampir diseluruh wilayah Indonesia. Tetapi jika dilihat dari garis besar kebanyakan pemasaran gula merah ini sering dijumpai didaerah jawa karena hampir seluruh masyarakat disana menghasilkan dan memproduksi gula aren atau gula merah sebagai mata pencaharian mereka sehari-hari. Ketika seorang produsen yang mau menjual gula merah maka harus bisa membedakan dengan gula aren karena kebanyakan orang sering menyamakan hasil dari kedua hal tersebut. 

PERBEDAAN GULA MERAH, GULA AREN, DAN GULA KELAPA

    Berikut ini sebelum melakukan pemasaran, maka alangkah lebih baik produsen bisa membedakan dari setiap produk yang mereka miliki yakni antara gula merah dan gula kelapa.

-          Gula kelapa dibuat dari nira yang terdapat dari pohon kelapa tetapi gula aren dibuat dari pohon yang disebut pohon aren, Bila dilihat dari komposisi setiap gula kelapa dan gula aren maka akan memiliki komposisi yang berbeda, yang mana nilai gizi yang terkandung dalam produk tersebut sangat berbeda.
-          

   Jika perbedaan yang sebelumnya sudah ditentukan, maka selanjutnya melihat dari bentuk dasar atau bentuk fisik dari kedua produk tersebut. Bila diperhatikan, gula merah atau gula aren akan memiliki warna yang sangat gelap bila dibandingkan dengan gula kelapa. Kepekatan warna bisa dilihat dari setiap daerah produksi gula tersebut. Karen disetiap daerah akan memiliki ciri khas tersendiri bila dilihat dari hasil yang mereka berikan.
-          
     Hal yang paling mencolok sederhana bila diperhatikan dari kedua produk ini adalah dari khas bau nya. Bau antara gula aren dan gula kelapa akan sangat berbeda yang mana wangi yang mereka miliki dan akan terasa bila dilakukan pembuatan dalam minuman dan lain sebagainya, bila dirasakan dari segi tingkat kemanisan dari gula aren dan gula kelapa, maka gula aren akan memiliki tingkat kemanisan murni yang sangat tinggi dibandingkan dengan gula kelapa yang biasanya.

Penjelasan diatas adalah hal yang patut diketahui sebagai produsen gula yang baik dan bila ingin mendapakna kualitas yang baik juga, karena sebelum gula tersebut sampai ditangan kunsumen maka sebagai produsen harus benar-benar mengerti dahulu tentang perbedaan disetiap produk tersebut. Hal ini sangat berguna untuk pemanahaman konsumen nantinya dan mereka juga akan lebih gampang untuk memilih produk yang mereka inginkan misalnya untuk membuat segala sesuatu dan harus menggunakan produk yang tepat. Nah itu tadi penjelasan pemasaran gula merah. 















Post a Comment

0 Comments